Sudah hampir 2.5 tahun lamanya proses pembelajaran sekolah sampai saat ini banyak dilalui dengan belajar online atau belajar dirumah, walaupun tidak semua pelajar di Indonesia belakangan ini sudah mulai melakukan pembelajaran secara offline atau tatap muka. tak sedikit juga dari pelajar Indonesia mengalami dilema pada saat belajar online dengan mata pelajaran yang menurut nya sulit. Pada saat ini Kamubisa.id merekomendasi 5 aplikasi yang dapat membantu kamu dalam belajar online !

1. Google Classroom

Google Classroom merupakan platform e-learning yang berbasis learning management system (LMS) dimana system ini  adalah yang paling sederhana dan paling banyak dipakai oleh produk-produk e-learning di seluruh dunia. Dan pada masa pandemi ini, google classroom menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajaran online. Kelebihan dari google classroom ini adalah penampilannya user friendly, semua file yang ada terhubung dengan google drive, dan tersedia secara gratis 100%.

2. Coursera

Selama pandemi ini banyak kursus-kursus offline yang tidak dapat dijalankan , sehingga Coursera ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk belajar secara online. Coursera merupakan platform belajar mandiri di mana kita dapat  mengakses ribuan video dan rekaman pembelajaran lembaga pendidikan. Coursera ini juga merupakan platform untuk kursus kejuruan jangka panjang dan penuh, yang biasanya berbayar,  tetapi jangan khawatir,  ada juga kursus yang didistribusikan secara gratis. Tema di Coursera ini juga beragam seperti penggunaan perangkat lunak komputer dasar, canggih dan profesional, pengetahuan umum, seni, ilmu sosial dan manusia, pengantar kursus yang lebih spesifik seperti di bidang ilmu kesehatan. Sehingga kita dapat memperluas pengetahuan dan mengembangkan minat dan keterampilan di bidang teknologi maupun pengetahuan umum. 

3. Notebloc

Di masa pandemi ini, banyak tugas dan ujian yang perlu dipindai agar isinya dapat terlihat lebih jelas. Tentunya hal ini akan memakan waktu banyak untuk memindai menggunakan printer apalagi jika saat ujian dengan waktu yang relatif cepat akan terasa melelahkan. Notebloc ini menjadi salah satu aplikasi alternatif dalam memindai dengan mudah. Kita dapat menginstall  di smartphone terlebih dahulu kemudian foto dokumen yang ingin dipindai dan pastikan dengan sumber cahaya yang cukup lalu kita dapat memilih warna dokumen yang diinginkan seperti asli sesuai dokumennya, berwarna ataupun hitam putih. Setelah itu, dokumen yang disimpan dapat berbentuk PDF maupun JPEG.

 

4. Google Drive

Saat ini banyak tugas dan pekerjaan yang memerlukan tempat penyimpanan selain media penyimpanan bawaan pada komputer, mungkin karena terbatasnya kapasitas penyimpanan,  google drive menjadi media penyimpanan online yang hampir semua orang gunakan untuk menyimpan file berupa dokumen, gambar, audio maupun video. Aplikasi ini dapat diakses dalam bentuk desktop maupun smartphone.

5. Forest  

Dalam pembelajaran online ini, banyak sekali hambatan dalam belajar, seperti malas belajar, sering melihat smartphone untuk mengecek apakah ada notifikasi atau tidak, aplikasi forest ini dapat melatih kita untuk tidak melihat notifikasi setiap saat dan juga dapat lebih fokus dengan pekerjaan karena cara menggunakannya dengan menanam pohon virtual yang dapat tumbuh jika kita tidak membuka aplikasi lain selain forest, sedangkan jika kita keluar dari aplikasi forest, pohon yang ditanam akan mati dan harus menanam ulang. Aplikasi ini menilai dari lama waktu penggunaan smartphone sehingga semakin jarang kita menggunakan smartphone, semakin banyak pohon yang ditanam.