Setelah lulus SMP ada yang akan melanjutkan Pendidikan di SMA ataupun SMK. Jika kamu memilih untuk melanjutkan SMK jurusan yang akan kamu pilih banyak, mulai dari administrasi perkantoran, Teknik Informatika, Desain komunikasi visual, dan lain sebagainya. Supaya kamu tidak salah pilih, sebaiknya kamu mengetahui tips dari team Kamubisa.id dibawah ini !

1. Kenali Bakat dan Kemampuan

Sebelum kamu bisa mengambil keputusan akan mengambil jurusan, disarankan untuk mengevaluasi dirimu, dengan mengenali dirimu melalui apa yang kamu sukai dan pada bidang mana yang cocok pada minatmu.

2. Sesuaikan dengan cita-citamu

Setiap orang pasti memiliki cita-cita yang ingin diraih di masa depan, begitu juga kamu. Untuk mengapai cita-cita tersebut memiliki waktu yang panjang atau melalui proses yang panjang pastinya. Kamu bisa menemukan cita-citamu dengan menyesuaikan jurusan SMK yang kamu pilih.

3. Diskusikan degan orang tuamu

Jelaskan kepada orang tua mengenai alasan kenapa memilih jurusan ini. Jika orang tua memberikan pilihan lain, berikan pengertian supaya bisa mendapatkan pilihan yang tepat. Pada intinya, jangan sampai tidak melibatkan orang tua dalam mengambil keputusan tentang jurusan yang akan dipilih. Tips ini penting untuk dilakukan supaya kamu bisa menjalani proses belajar di jurusan yang dipilih dengan bahagia.

4. Hindari Ikut-ikut Pilihan Teman-Teman

Sudah bukan hal baru lagi jika ada siswa yang mengambil jurusan di SMK hanya karena ikut-ikut temannya. Kebiasaan satu ini sebaiknya kamu hindari karena yang menentukan masa depanmu adalah dirimu sendiri. Belum tentu pilihan temanmu sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu mengambil jurusan sesuai dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki maka hasilnya akan maksimal.

5. Mengikuti Tes potensi Dasar Akademik

Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA), yang sebelumnya dikenal dengan nama Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA), merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif individu yang diselenggarakan secara daring di Indonesia yang diperlukan bagi seseorang untuk dapat menyelesaikan studi dan berkembang di lingkungan pendidikan tinggi.